Unsur Unsur Manajemen

In ekonomi, ips 73 views

Unsur-Unsur Manajemen
Unsur-unsur manajemen terbagi atas enam hal atau yang biasa disebut 6M,yaitu Manusia (man),uang (money),barang-barang material (materials),mesin-mesin penunjang (machine),metode atau cara (method),dan pasar (market)

 1. Manusia (Man)
     Manusia merupakan unsur yang paling penting dan utama dalam manajemen.Manusia biasanya dikenal dengna istilah sumber daya manusia atau SDM.Manusia memiliki otak dalam menjalankan proses kerja.Tanpa adanya manusia tidak akan ada proses kerja.
     Suatu lembaga,atau organisasi maupun perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian,jujur,disiplin,bertanggung jawan,dan memiliki motivasi kerja yang tinggi,tidak lupa pula rela berkorban.

 2. Uang (Money)  
     Uang merupakan unsur manajemen yang tidak dapat diabaikan setelah manusia.Uang dinilai penting untuk menjalankan suatu lembaga,organisasi atau perusahaan.Tanpa adanya uang suatu proses kerja tidak akan bertahan lama dan sulit untuk berkembang apalagi maju.
     Uang dalam suatu lembaga,organisasi atau perusahaan harus dikelola sebaik mungkin sesuai dengan anggaran biaya yang sudah direncanakan.Selain it penggunaan uang untuk kepentingan suatu lembaga,organisasi atau perusahaan harus dapat dipertanggungjawabkan.


 3. Barang-Barang Material (Materials)
     Barang-barang material atau inventaris sangat dibutuhkan untuk mendukung proses kerja dalam suatu lembaga,organisasi atau perusahaan.Tanpa barang-barang inventaris,sumber daya manusia tidak dapat bekerja dengan baik.Barang-barang yang dibutuhkan dalam suatu lembaga,organisasi atau perusahaan berupa perangkat komputer(PC),mesin fotokopi,alat tulis kantor (ATK),dan barang-barang lainnya yang dapat mendukung pekerjaan.

 4. Mesin-Mesin (Machines)
     Pada suatu sistem kerja dibutuhkan adanya mesin-mesin yang mendukung jalannya pekerjaan.Adanya mesin-mesin dapat menunjang kelancaran proses kerja sehingga pekerjaan menjadi efektif dan efisien.

 5. Cara atau Metode (Method)
     Metode merupakan cara kerja yang diterapkan untuk mencapai tujuan.Metode ditetapkan bertujuan untuk mengumpulkan data/informasi,mengolah,mengemas,menyimpan dan menyajikan informasi yang telah dikumpulkan.Metode yang baik harus didukung dengan sumber daya manusia yang baik juga.

 6. Pasar (Market)
     Pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli.Banyak barang hasil produksi dijual di pasar.Barang hasil produksi yang dijual atau dipasarkan di pasar harus sesuai dengan selera dan kemampuan membeli konsumen.Pasar memiliki pernanan penting dalam memasarkan suatu produk.

Originally posted 2017-04-30 11:15:00.

author
Author: 
    Tingkat Tingkat Manajemen
    Tingkat Tingkat Manajemen
    Tingkat-Tingkat Manajemen   Ada beberapa tingaktan manajemen sebagaimana
    Pengertian,Langkah-langkah,dan Manfaat Pengorganisasian
    Pengertian,Langkah-langkah,dan Manfaat Pengorganisasian
    1. Pengertian Pengorganisasian (Organizing)      Pengorganisasian
    Peradaban Pulau Kreta
    Peradaban Pulau Kreta
    Peradaban Pulau Kreta   Peradaban Yunani Kuno dimulai
    Pengertian Manajemen menurut para ahli
    Pengertian Manajemen menurut para ahli
    Pengertian ManajemenBentuk organisasi yang modern,tangguh,dan fleksibel terhadap

    Top