Pengertian Gelombang Bunyi Lengkap

In fisika, Gelombang Bunyi, IPA, Umum 193 views

Pengertian Gelombang Bunyi Lengkap – Sebenarnya, apa gelombang itu? Ya benar, gelombang ialah gejala perambatan energi atau tenaga. Sumber Gelombang ialah sesuatu yang menyebabkan terjadinya getaran yang merambat.

Pengertian Gelombang Bunyi Lengkap

Untuk memahami penjalaran gelombang, sediakan seutas tali panjang yang salah satu ujungnya diikatkan pada suatu tempat yang tetap. Pertama, peganglah ujung tali yang masih bebas. Tariklah sedikit sehingga tali memiliki tegangan. Angkatlah ujung tali sedikit ke atas dan sentakkan ke bawah. Apa yang terjadi pada tali? Setelah disentakkan, tali akan menjalar sebuah pulsa. Menjelaskan profil sebuah pulsa yang menjalar ke kanan sepanjang tali pada beberapa saat yang berbeda, yakni: t1 < t2 < t3 < t4 < t5.

Pada saat t = t1, titik P pada tali masih belum terusik. Saat t = t2, titik P ity mulai terangkat ke atas. Pasa saat t = t3, titik P itu makin ke atas dan mencapai puncaknya pasa saat t = t5. Terlihat bahwa titik-titik pada tali yang berada di sebelah kiri puncak beranjak naik, sedangkan yang berada di sebelah kanan puncak berangsur turun.

Jika sentakan ke bawah pada ujung tali di susul dengan sentakan ke atas. anda akan mendapatkan profil pulsa. Jika sentakan itu dilakukan berulang-ulang, terjadilah gelombang menjalar pada tali. Jadi, sentakan yang anda berikan merupakan sumber gelombang.

Hasil Sentakan Gelombang Pada Tali
                                             Hasil Sentakan Gelombang Pada Tali

Arah Rambatan dan Arah Getar Gelombang

Perhatikan secara seksama pengertian gelombang pada uraian sebelumnya. Pengertian gelombang tersebut mengandung dua hal getaran dan perambatan atau penjalaran yang masing-masing mempunyai arah sendiri. Dengan demikian, dibagi 2 (dua) jenis gelombang, yaitu antara lain:

Gelombang Longitudinal

Gelombang Longitudinal ialah arah getarannya sejajar atau searah dengan arah rambatannya. Contoh: gelombang bunyi dan gelombang pada pegas slinki yang digerakkan ujungnya bolak-balik dengan arah membujur. Pada kedua gelombang tersebut, arah getaran (yakni rapatan dan renggangan) berjalan searah dengan arah rambatannya).

Gelombang Transversal

Gelombang Transversal ialah sebuah gelombang yang memiliki arah gerak lurus dengan arah rambatannya. Contoh: gelombang laut. Pada gelombang ini, arah gerak adalah ke atas dan ke bawah, sementara arah rambatannya yakni gelombang pada seutas tali yang telah anda demonstrasikan.

Gelombang cahaya dan gelombang elektromagnetik merupakan contoh dari gelombang transversal. Pada gelombang jenis ini, getaran yang dirambatkan ialah medan magnet yang arah keduannya tegak lurus terhadap arah rambatannya.

Gelombang Mekanik dan Gelombang Elektromagnetik

Berdasarkan getaran apa yang dijalarkan, gelombang dapat digolongkat menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu:

Gelombang Mekanik

Gelombang Mekanik ialah gelombang yang dihasilkan oleh usikan pada suatu medium dan dirambatkan oleh partikel-partikel mediumyang ikut bergetar secara bolak-balik. Gelombang tali yang telah anda pelajari merupakan gelombang mekanik.

Gelombang Elektromagnetik

Gelombang Elektromagnetik ialah penjalaran usikan medan listrik dan medan magnet. Gelombang ini dihasilkan oleh partikel-partikel bermuatan listrik yang bergetar. Gelombang ini tidak memerlukan medium karena dapat merambat melalui ruang hampa. Gelombang radio, cahaya, gelombang mikro dan sinar Rontgen atau sinar X merupakan contoh gelombang elektromagnetik.

Gelombang Bunyi

Gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal. Artinya perambatan gelombang bunyi memerlukan medium (gas cairan atau benda padat) dan arah getarannya sejajar dengan arah rambatannya.

Jangkauan frekuensi gelombang bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia adalah 20 siklus/sekon atau 20 Hz sampai dengan kira-kira 20.000 Hz dan dinamakan jangkauan suara yang dapat didengar. Gelombang bunyi yang frekuensinya berada di bawah jangkauan dinamakan gelombang frasonik dan gelombang yang frekuensinya berada di atas jangkauan disebut dengan gelombang ultrasonik.

Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Gelombang Bunyi Lengkap dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

author
Author: 
    Kemagnetan dan Pemanfaatanya dalam Produk Teknologi
    Kemagnetan dan Pemanfaatanya dalam Produk Teknologi
    Berdasarkan sifat kemagnetanya : 1. Benda Magnetik
    Siklus Menstruasi
    Siklus Menstruasi
    Siklus Menstruasisuatu keadaan dimana keluarnya darah,lendir,dan sel
    Pembelahan Mitosis dan Pembelahan Meiosis
    Pembelahan Mitosis dan Pembelahan Meiosis
    1) Pemelahan Mitosis (2n) tipe pembelahan sel
    Keterbatasan Energi dan Dampaknya Bagi Kehidupan
    Keterbatasan Energi dan Dampaknya Bagi Kehidupan
    Halo kali ini kita akan membahas keterbatasan

    Top