Negara Maju (Artikel Lengkap)

In ekonomi, Geografi 246 views

Negara maju adalah negara dengan ekonomi berkembang pesat dan teknologi infrastruktur yang lebih maju dibandingkan dengan negara-negara kurang terindustrialisasi. Umumnya, kriteria pengukuran tingkat perkembangan ekonomi suatu negara adalah dengan melihat PDB, PNB, pendapatan per kapita, tingkat industrialisasi, tingkat persebaran infrastruktur, dan standar hidup. Kriteria yang digunakan untuk mengategorikan suatu negara apakah termasuk negara maju atau negara berkembang telah menjadi perdebatan.

Negara maju memiliki ekonomi pasca industrial, yang berarti sektor jasa lebih menghasilkan kemakmuran dibandingkan sektor industri. Terdapat perbedaan dengan negara berkembang yang masih proses industrialisasi, atau negara tidak berkembang yang belum mengalami industrialisasi dan sebagian besar bergantung pada sektor agraris. Pada tahun 2017, sepuluh ekonomi termaju di dunia berdasarkan PDB nominal dan PPP adalah Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Negara Maju

1. Istilah yang Mirip dengan Negara Maju

Istilah yang serupa dengan negara maju adalah negara industri, negara yang lebih maju, negara yang lebih maju secara ekonomi, negara utara dunia, negara dunia pertama, dan negara pasca industri. Istilah negara industri mungkin agak ambigu, karena industrialisasi adalah proses yang terus berlanjut dan sulit didefinisikan. Negara industri pertama adalah Inggris, diikuti oleh Belgia, kemudian menyebar lebih jauh ke Jerman, Amerika Serikat, Perancis, dan negara-negara Eropa Barat lainnya. Menurut beberapa ekonom seperti Jeffrey Sachs, bagaimanapun, perpecahan antara negara maju dan berkembang saat ini sebagian besar merupakan fenomena abad ke-20.

2. Definisi dan Kriteria Negara Maju

Kriteria ekonomi cenderung mendominasi penilaian. Salah satunya adalah pendapatan per kapita, negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita yang tinggi dapat dikategorikan sebagai negara maju. Kriteria ekonomi lainnya adalah industrialisasi. Negara yang didominasi oleh sektor industri tersier dan kuartener dapat termasuk negara maju. Pengukuran terbaru adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang mengombinasikan pengukuran ekonomi, pendapatan nasional, dan pengukuran lain seperti harapan hidup dan pendidikan. Negara maju adalah negara dengan peringkat IPM tinggi.

Menurut Divisi Statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa, tidak ada konferensi yang membagi negara menjadi negara maju dan negara berkembang dalam sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa. Peruntukan pengembangan ditujukan untuk kepentingan statistika dan tidak mengungkapkan tahapan yang dicapai oleh suatu negara dalam proses pembangunan.

3. IPM (Indeks Pembangunan Manusia)

IPM PBB adalah pengukuran statistik yang mengukur tingkat perkembangan manusia di suatu negara. Ketika terdapat korelasi yang kuat antara negara yang memiliki IPM tinggi dan kemakmuran ekonomi, PBB menempatkan IPM lebih tinggi dibandingkan pendapatan atau produktivitas. Tidak seperti PDB per kapita atau pendapatan per kapita, IPM menghitung bagaimana pendapatan diubah menjadi pendidikan dan kesehatan.

Sejak 1990, Norwegia (2002-2006, 2009-2013), Jepang (1990-1991 dan 1993), Kanada (1992 dan 1994-2000), dan Islandia (2007-2008) pernah menjadi negara dengan skor IPM tertinggi. 47 negara IPM tertinggi memiliki skor mulai dari 0,793 (Barbados) sampai 0,955 (Norwegia).

Banyak negara yang tercatat di IMF atau CIA sebagai “maju” memiliki IPM lebih dari 0,788 (pada tahun 2010). Banyak negara ekonomi maju memiliki IPM lebih dari 0,9 (pada tahun 2007). Sejak April 2017, IMF mengklasifikasikan Makau sebagai negara ekonomi maju.

4. Daftar Negara Maju

Berikut adalah daftar lengkap negara maju yang disusun berdasarkan benuanya.

4.1. Daftar Negara Maju Di Benua Eropa
Baca juga: 30 Negara Maju di Benua Eropa Beserta Penjelasan
  1. Austria
  2. Belgia
  3. Denmark
  4. Estonia
  5. Finlandia
  6. Perancis
  7. Jerman
  8. Republik Ceko
  9. Yunani
  10. Irlandia
  11. Italia
  12. Luxemburg
  13. Belanda
  14. Portugal
  15. Rusia
  16. Spanyol
  17. Swedia
  18. Britania Raya (Inggris)
  19. Andorra
  20. Hongaria
  21. Islandia
  22. Liechtenstein
  23. Monako
  24. Malta
  25. Norwegia
  26. San Marino
  27. Slovenia 
  28. Swiss
  29. Siprus
  30. Vatikan
4.2. Daftar Negara Maju di Benua Amerika
  1. Kanada
  2. Amerika Serikat
4.3. Daftar Negara Maju di Benua Asia
  1. Jepang
  2. Singapura
  3. Hong Kong
  4. Makau
  5. Korea Selatan
  6. Israel
  7. Taiwan
4.4. Daftar Negara Maju di Benua Australia dan Oceania
  1. Australia
  2. Selandia Baru

Originally posted 2017-08-03 01:12:28.

author
Author: 
    Pengertian Debit dan Kredit dalam Akuntansi beserta Perbedaannya
    Pengertian Debit dan Kredit dalam Akuntansi beserta Perbedaannya
    Pengertian dan Perbedaan antara Kredit dan Debit
    10 Sikap Positif Terhadap dampak Globalisasi
    10 Sikap Positif Terhadap dampak Globalisasi
    Globalisasi adalah proses integrasi antar negara yang
    Makalah Dampak Kenaikan BBM terhadap Perekonomian Indonesia
    Makalah Dampak Kenaikan BBM terhadap Perekonomian Indonesia
    Halo sobat, kali ini admin akan memberikan

    Top