Jenis-Jenis dan Macam-Macam Berita

In Bahasa Indonesia 592 views

Halo Sobat, kali ini admin mau menjelaskan lagi mengenai materi pelajaran bahasa indonesia kelas XII yaitu jenis-jenis berita atau juga yang sering disebut dengan macam-macam berita. Materi ini baru saja admin pelajari setelah guru saya menerangkan ataupun mendiktekan materi mengenai jenis berita ini.

Jenis ataupun macam berita yang akan saya jelaskan ini dibagi berdasarkan konten/isi ataupun tema dari berita tersebut. Diantaranya dari jenis berita tersebut yaitu straight news, opinion news, interpretative news, depth news, dan investigation news. Untuk lebih jelasnya bisa langsung sobat simak penjelasan nya dibawah ini

jenis jenis berita

1. Straight News

Straight News atau Berita Langsung adalah jenis berita yang biasanya ditulis secara to the point, lugas, dan ringkas serta berisi informasi tentang peristiwa terkini/terbaru (aktual), terhangat, dan juga menarik. Jenis berita inilah yang biasanya kita temui pada halaman depan dari koran atapun surat kabar yang ada di sekeliling kita.

Berita Straight News terbagi menjadi dua macam, diantaranya yaitu:

  1. Hard News, biasanya berita penting yang sangat terupdate ataupun terbaru (aktual) dan sangat penting untuk segera disampaikan kepada pembaca hingga biasanya jenis berita ini menjadi berita utama pada surat kabar.
    Contoh yang termasuk kedalam hard news: berita perang, politik, kriminalitas dan ekonomi negara.
  2. Soft News, merupakan berita lunak atau ringan yang biasanya memberikan informasi mengenai latar belakang atau kisah-kisah kemanusiaan.
    Contoh berita yang termasuk kedalam soft news adalah seni, hiburan, dan gaya hidup.

2. Opinion News

Opinion News merupakan berita pendapat atau opini yang berisikan laporan pandangan seseorang mengenai suatu hal, ide kreatif, pemikiran ataupun komentar terhadap sesuatu yang penting. Berita opini ini biasanya berasal atau bersumber dari para ahli, cendikiawan, profesor, atau pejabat mengenai suatu masalah atau peristiwa. Contoh dari opinion news misalnya adalah pendapat dari pengamat ekonomi mengenai turunnya harga rupiah di dunia.

3. Interpretative News

Berita Interpretasi merupakan jenis berita yang merupakan perkembangan dari Straight News. Perkembangan disini maksudnya adalah dengan adanya penambahan informasi latar belakang, wawancara dengan berbagai sumber dan pengamat, serta menambah data-data terkait sehingga dapat menghasilkan berita baru yang lebih detail, dan lebih lengkap. Berita Interpretative ini sangat membutuhkan wawasan yang luas dan juga ketajaman analisi dari sang wartawan.

4. Depth News

Depth News yaitu Berita Mendalam, maksudnya adalah berita yang dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan. Unsur berita yang ditekankan adalah “Mengapa” atau “Why” (mengapa suatu peristiwa bisa terjadi) dan “Bagaimana” atau “How” ( bagaimana peristiwa itu terjadi, detail peristiwa), serta So what (lalu bagaimana dampaknya atau bagaimana selanjutnya?).

Tujuan Depth News adalah untuk lebih mengangkat sebuah masalah secara mendalam. Contoh: Ibu Kota Jakarta selalu dilanda banjir setiap kali musim penghujan datang.

5. Investigation News

Investigation News adalah Liputan Penyelidikan, maksudnya adalah berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber. Contoh: Praktik Korupsi di kalangan pejabat DPR.

Investigation news ini hampir sama seperti depth news. Hanya bedanya, depth news hanya melaporkan peristiwa secara mendalam sedangkan Investigative News dilakukan karena wartawan “menduga” ada pelanggaran yang merugikan kepentingan umum namun ditutup- tutupi kalangan tertentu.

Unsur utama Liputan Penyelidikan adalah karena adanya dugaan penyelewengan yang merugikan publik. Wartawan dalam hal ini menempatkan diri sebagai watchdog dan melakukan “penyelidikan” untuk mencari kebenaran (fakta) yang tersembunyi.

Wartawan yang melakukan investigation news terkadang harus menyamar layaknya intel. Kode etik membolehkan wartawan menyembunyikan identitas dalam melakukan kerja jurnalisme investigatif.

Originally posted 2017-07-12 17:11:38.

author
Author: 
    Perbedaan dan Persamaan Pantun, Puisi, Syair, dan Gurindam
    Perbedaan dan Persamaan Pantun, Puisi, Syair, dan Gurindam
    Karya sastra Indonesia sangatlah beragam dan menarik
    Konjungsi Kausal (Artikel Lengkap)
    Konjungsi Kausal (Artikel Lengkap)
    Konjungsi kausal adalah konjungsi yang menjelaskan bahwa

    Top