Jawaban Buku Paket Indonesia Kelas XI Halaman 11-13

In Bahasa Indonesia, Kunci Jawaban 796 views
Halo sobat, pada kesempatan ini admin akan memberikan kalian kunci jawaban buku paket bahasa Indonesia kelas XI (11) Halaman 11 sampai dengan halaman ……… semester 1 kurtilas (kurikulum 2017). Pada bab ini kita akan membahas teks cerpen (cerita pendek) yang berjudul “Juru Masak“. Pada buku tersebut kalian akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada. Berikut jawabannya.

Jawaban Buku Paket Indonesia Kelas XI Halaman 11-13
Kunci Jawaban Halaman 11
  1. Masalah apa yang di hadapi Azrial ? Masalah yang di hadapi Azrial adalah ketika Azrial di tolak oleh orang tua atau keluarga sang kekasih karena dia bukan dari orang yang berada
  2. Bagaimana Azrial mengatasi masalahnya ? Azrial mengatasi masalahnya dengan ia pergi untuk merantau ke kota besar yaitu Jakarta. Lalu ia bekerja pada seorang penduduk Lareh Panjang yang telah lebih dahulu mengadu nasib di kota besar. Namun karena Azrial tidak ingin terus bergantung pada orang lain maka ia mulai merintis usahanya dan kini menjadi pengusaha yang sukses
  3. Apakah Makaji, sang juru masak menemui masalah pula ? Makaji sang juri masak pun juga menemui permasalahan seperti yang telah di ceritakan bahwa makaji diajak oleh anaknya untuk tinggal bersama di kota dan menghabiskan waktu tua makaji bersama sang anak. Namun makaji tidak mau dan ingin tetap tinggal di Lareh Panjang sebagai Juru Masak
  4. Keputusan Apa yang akhirnya diambil Azrial ? Mengajak Makaji untuk menjadi juru masak di salah satu restoran milik Azrial dan menghabiskan waktunya bersama Makaji
  5. Menurut kalian apakah keputusan makaji tersebut sudah tepat? Keputusan Makaji untuk ikut bersama anaknya Azrial adalah keputusan yang tepat .
Kunci Jawaban Halaman 12-13
NO Nama Tokoh Tokoh Utama Tokoh Tambahan
1. Makaji
2 Azrial
3. Renggogeni
4. Mangkudun
5 Yusnaldi
6 Gentasari
7 Rustamadji
Kunci Jawaban Halaman 13
1. Permasalahan yang dihadapi tokoh dan solusi atas permasalahan yang dihadapinya antara lain sebagai berikut.
  • Tokoh Azrial. Permasalahan : Patah hati karena Magkudun ayah dari Renggogeni tidak merestui hubungan mereka. Solusi : Akhirnya Azrial pergi mengadu nasib ke Jakarta.
  • Tokoh Makaji. Permasalahan : Bimbang antara ikut anaknya ke Jakarta atau menepati janjinya membuatkan makanan di kenduri Mangkudun.. Solusi : Ikut anaknya ke jakarta dan tidak memenuhi janjinya membuatkan masakan kenduri Mangkudun.
  • Tokoh Mangkudun. Permasalahan : tidak mengizikan anaknya menikah dengan Azrial karena menurutnya keluarga Azrial tidak sederajad dengan keluarganya. Solusi : Mangkudun menikahkan anaknya dengan laki laki lain yang menurutnya pantas bagi anaknya.
2. Sikap kewirausahaan dari cerpen tersebut adalah kegigihan Azrial dalam membangun usahanya yang semula ia hanya seorang pencuci piring di rumah makan. Hingga ia bisa memiliki enam buah rumah makan dan 24 karyawan.
3. Perjuangan Azrial patut dicontoh dan menjadi suri teladan dalam kehidupan sehari hari.Tentang Azrial seorang pria yang gigih,sabar dan pekarja keras tanpa mengenal lelah untuk mencapai kesuksesannya di tanah rantau.
4. Untuk menjadi seorang pengusaha harus banyak banyak berdoa dan bekerja keras, sabar dan pantang menyerah dalam berusaha. Jangan sampai putus asa karena ada hambatan yang menghadang.

Originally posted 2017-06-13 01:58:07.

author
Author: 
    Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot
    Pengertian Struktur dan Ciri-Ciri Teks Anekdot
    Hai sobat semua, kali ini saya mau

    Top