Alat dan Bahan Berkarya Seni Lukis

In seni budaya 250 views

    Media berkarya seni rupa dua dimensi (seni lukis) meliputi bahan dan media yang digunakan sesuai jenis dan gaya karya yang diinginkan.Media berkarya seni lukis sangat beragam tergantung dari teknik yang dipakai.


1. Pensil 
   Jenis pensil dibedakan berdasarkan tingkat kekerasan atau kehitaman karbonnya,berdasarkan kode huruf B atau H.Pensil kode B menandakan jenis pensil lunak dan hitam,terdiri dari kode B,2B,3B,4B sampai 6B,sangat tepat digunakan untuk media menggambar,sementara pensil kode H menandakan jenis pensil keras.Terdiri dari kode H,2H,3H.4H.sampai 6H,sering digunakan untuk menggambar proyeksi.



2. Pensil Arang (Contee)
   Terbuat dari sejenis arang halus dan biasa digunakan untuk menggambar atau melukis potret.Sifatnya,hitam pekat dan agak sulit dihapus.

3. Crayon dan Pastel
   Dua jenis media ini secara bentuknya hampir sama sehingga kalian seringkali keliru ketika membelinya tetapi sifat dan bahannya tidak sama.Pastel biasanya terbuat dari bahan kapur dan pengikat cair dan transparan,untuk mengikat pigmen dengan kapur.Pastel sering dihubungkan dengan warna warna yang lembut.Sedangkan Crayon terbuat dari bahan kaolin dengan tepung warna sehingga terlihat lebih mengkilap dan keras.Sehingga krayon lebih banyak mengandung lilin,sehingga warna yang mengkilap dan sedikit berminyak.Krayon menjadi salah satu pilihan kita untuk menggambar karena sifatnya yang pada dan tidak mudah menyerpih,sehingga tidak mengotori tangan dan baju ketika sedang menggambar.


4. Pena/Pulpen/Alat gambar yang digunakan untuk media tinta.
   Terbuat dari logam dengan ujung yang bermacam-macam bentuk dan ukurannya.

5. Tinta Bak
   Dikenal juga dengan sebutan tinta Cina.Warnanya hitam pekat dan tidak luntur jika kena air.Kemasan tinta bak ini ada yang berbentuk cairan dalam boto dan berbentuk balok-balok kecil (dicairkan terlebih dulu sebelum digunakan)


6. Cat (pewarna) bahan pewarna ini dibedakan berdasarkan basis pengencernya,yaitu :
   a. Cat air jenisnya ada 2 yaitu water colour yang bersifat transparan dan     poster colour yang bersifat plakat.
    b. Cat minyak jenis cat ini biasa digunakan untuk melukis diatas kanvas.Sifatnya tidak mudah kering dan warnanya tahan lama


7. Kuas
   Kuas adalah alat yang digunakan untuk menguas/car ke media lukis.Jenis dan bentuk kuas beragam dari bentuk,ukuran serta harga yang sangat bervariasi.Pemilihan kuas tergantung dari goresan yang bagaimana akan kita inginkan.Jenis kuas yang pipih dan berujung lurus datar dipakai bahan cat minyak,sedangkan kuas dengan bulu berbentuk bulat dan berujung runcing dipakai bahan cat air.


8. Palet
   Palet adalah media yang digunakan untuk tempat mencampur cat,jenis dan ukuran berbagai maacm.Untuk media seperti cat air palet yang dipakai adalah yang ada lengkungan tempat air,sedangkan bentuk palet cat minyak berbentuk datar,ditambahkan lubang untuk pegangan.


9. Pisau palet
   Terbuat dari Aluminium tipis,fungsinya adalah mencampur cat seperti layaknya kuas juga untuk membuat efek-efek goresan pada media lukis.Bentuknya dan ukurannya tersedia berbagai jenis,ada yang runcung,lebat dan bulat.

Originally posted 2016-08-04 10:05:00.

author
Author: 
    Pengertian dan Jenis Teater Tradisional
    Pengertian dan Jenis Teater Tradisional
    1. Teater Tradisional      Teater Tradisional
    Definisi Musik Dangdut
    Definisi Musik Dangdut
    Pengertian Musik Dangdut Dangdut merupakan salah satu
    6 Jenis Lagu Nusantara di Indonesia
    6 Jenis Lagu Nusantara di Indonesia
    6 Jenis Lagu Nusantara di Indonesia –
    Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap
    Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap
    Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap – Dalam kehidupan biasa,

    Top