10 Sikap Positif Terhadap dampak Globalisasi

In Geografi 194 views

Globalisasi adalah proses integrasi antar negara yang dimulai dari proses pertukaran cara pandang dunia, produk, ide, dan berbagai aspek budaya. Kemajuan transportasi dan infrastruktur telekomunikasi menjadi faktor utama globalisasi. Globalisasi menghasilkan kemudahan dalam hal mendapatkan informasi, produk, dan berkomunikasi dengan setiap orang di seluruh dunia. Globalisasi dapat terjadi di bidang ekonomi, sosial, dan politik. Berikut adalah berbagai contoh sikap positif terhadap dampak globalisasi:

Sikap positif dampak globalisasi

1. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Politik

Setiap negara berhak atas kedaulatannya, namun dalam penyelenggaran pemerintahan saat ini harus transparan, demokratis, dan menghargai hak asasi manusia. Organisasi politik dunia seperti PBB telah menjamin setiap negara melakukan hal tersebut.

2. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Perdagangan

Globalisasi membuat perdagangan antar negara menjadi lebih mudah. Kita bisa membeli produk yang tidak ada di Indonesia melalui internet. Selain itu, globalisasi juga membuat harga barang menurun karena banyaknya persaingan dari luar negeri. Bahkan terkadang harga barang buatan luar negeri lebih murah. Indonesia juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan produk buatan Indonesia ke luar negeri dan mendatangkan devisa negara.

3. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Industri dan Jasa

Sama halnya dengan bidang perdagangan, globalisasi juga membuat para produsen mudah mendapatkan komponen untuk keperluan industri dari luar negeri. Contohnya komponen semikonduktor dimana Indonesia belum bisa memenuhinya sendiri. Selain itu, Indonesia juga dapat mendatangkan ahli dari luar negeri dan mengirimkan tenaga ahli ke luar negeri untuk meningkatkan pendapatan negara.

4. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Sosial dan Budaya

Baca juga: 21 Contoh Perubahan Sosial Budaya

Perkembangan teknologi transportasi membuat manusia dengan mudah berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain di seluruh dunia. Hal tersebut secara tidak langsung akan menimbulkan pertukaran budaya. Apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi membuat pertukaran budaya berlangsung dengan masif. Jika kita bisa menyaring arus kebudayaan asing ke negara kita, maka kita akan dapat mengambil dampak positifnya. Selain itu, kita bisa dengan lebih mudah memperkenalkan kebudayaan kita.

5. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Lingkungan Hidup

Globalisasi membuat badan lingkungan hidup dunia lebih mudah menyoroti permasalahan lingkungan hidup di seluruh dunia, serta mengampanyekan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

6. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Pertahanan dan Keamanan

Globalisasi membuat kerjasama di bidang militer antar negara lebih sering dilakukan. Setiap negara bahu membahu bersama-sama menjaga keamanan dunia. Contohnya Amerika Serikat bersama beberapa negara lain yang membantu Suriah dan Irak membasmi ISIS.

7. Pola Hidup yang Serba Cepat

Globalisasi menuntut kita untuk selalu bergerak cepat. Hal ini juga diimbangi dengan kecepatan kita dalam hal mendapatkan sesuatu, misalnya mendapatkan barang atau makanan di restoran cepat saji. Berita dari seluruh dunia pun bisa diketahui dengan segera melalui internet.

8. Sikap Positif Terhadap Globalisasi Dalam hal Perkembangan Informasi dan Teknologi

Globalisasi tidak lepas dari teknologi informasi. Dengan adanya internet, informasi menjadi semakin kompleks, menyeluruh, mudah didapat, dan hampir semuanya gratis. Kita bisa mengaksesnya kapan pun kita menginginkannya.

9. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Melimpah

Teknologi dan sumber daya manusia di Indonesia seringkali tidak mampu mengelola sumber daya alam yang dimiliki negeri ini. Pada akhirnya, perusahaan asing membantu mengelolanya supaya dapat menghasilkan devisa negara. Selain itu, Pertamina juga dapat mengeksplorasi minyak bumi di negara lain.

10. Sikap Positif Terhadap Globalisasi di Bidang Pendidikan

Perkembangan teknologi dan globalisasi membuat kita dapat belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Saat ini sudah banyak terdapat pendidikan berupa camp di luar negeri yang pesertanya adalah siswa dari berbagai negara di dunia. Program pertukaran siswa dan guru pun sering terjadi. Kita bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar sebanyak-banyaknya dari negara lain.

Originally posted 2017-08-03 01:12:28.

author
Author: 
    Negara Maju (Artikel Lengkap)
    Negara Maju (Artikel Lengkap)
    Negara maju adalah negara dengan ekonomi berkembang
    Rawa Abadi
    Rawa Abadi
        Rawa abadi adalah rawa yang
    Klasifikasi Iklim Oldeman
    Klasifikasi Iklim Oldeman
    Klasifikasi Iklim Oldeman     Dalam pembagian
    Teori terjadinya jagat raya
    Teori terjadinya jagat raya
    TEORI TERJADINYA JAGAT RAYA    Menurut teori

    Top